Cara Instal Windows 8 dengan CD dan FlashdiskWindows 8

 

Cara Instal Windows 8 dengan CD dan FlashdiskWindows 8



Cara Instal Windows 8.1


Sebenarnya OS untuk komputer tidak hanya windows saja tapi masih banyak yang lainnya seperti Mac dan Linux. Namun Windows banyak digunakan karena memang cara penggunaannya yang mudah dan juga simpel.

Untuk orang yang tidak terlalu akrab dengan dunia komputer tentunya lebih baik menggunakan windows dari pada sistem operasi lainnya. Perusahaan Microsoft yang mengelola dan mengeluarkan windows sekarang sudah berhasil mengembangkan windows sampai ke Windows 8.

Windows 8 sendiri saat ini sudah diupdate menjadi Windows 8.1 dengan berbagai macam perubahan. Jika Anda berencana untuk menginstal Windows 8 atau 8.1 di komputer dan laptop AndaSebelum masuk ke cara instalasi Windows 8, sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa hal dan harus Anda siapkan sebelum melakukan instalasi. Tidak semua komputer bisa menggunakan Windows 8, jika Anda ingin menggunakan Windows 8, sebaiknya komputer Anda harus memenuhi spesifikasi berikut ini:

1. Kapasitas harddisk kosong 20GB

Partisi kosong pada drive komputer Anda minimal harus 20 GB. Jika kurang dari ini, Windows 8 tidak dapat terinstall dengan baik. Lebih baik partisi yang kosong lebih banyak agar kerja Windows 8 tidak lemot.

2. RAM minimal 1GB

Komputer Anda minimal harus mempunyai kapasitas RAM 1 GB. Komputer yang hanya mempunyai RAM 512 MB saja tidak akan kuat untuk menginstall Windows 8. RAM 1 GB juga terkadang masih lemot, sehingga sebaiknya pasang RAM sebesar 2 GB untuk versi 32-bit dan 4 GB untuk 64-bit.

3. Resolusi minimal 1366×768 pixels

Untuk mendukung interface windows 8 pada komputer Anda, minimal resolusi monitor Anda 1366 x 768 pixels.

4. Mendukung Directx 9Syarat yang terakhir agar komputer bisa terinstall window 8 dengan baik yaitu mempunyai kartu grafis yang sudah mendukung Directx 9. Untuk kebutuhan spesifikasi lebih lengkapnya, silahkan kunjungi situs Microsoft ini.

Cara Instal Windows 8 dengan CD atau Flashdisk

Jika komputer Anda sudah memenuhi persyaratan di atas, Anda kini bisa dengan mudah menginstall Windows 8. Jika Anda menggunakan Windows 7 Anda bisa langsung melakukan upgrade. Namun Anda lebih disarankan untuk melakukan clean install untuk menghindari masalah pada saat upgrade.

Berikut adalah langkah-langkah clean install Windows 8 dengan menggunakan CD/DVD ataupun flashdisk. Langkah-langkah ini juga dapat diterapkan untuk menginstal Windows 8.1.

1. Backup dataSebelum memulai instalasi, pastikan Anda sudah melakukan backup semua data penting. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan ketika proses instalasi. Jika Anda berencana untuk menginstal di Drive C, maka pindahkanlah semua data penting yang ada di Drive tersebut.

2. Lepaskan semua perangkat yang tersambung

Lepaskanlah semua perangkat keras yang tersambung ke komputer Anda seperti mode, printer, scanner, dan lainnya agar proses instalasi tidak terganggu.

3. Siapkan CD atau flashdisk untuk instalasi

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan file instalasi Windows 8. Anda bisa membelinya dalam bentuk DVD melalui Microsoft ataupun melalui toko ritel terdekat. Selain itu Anda juga dapat mengunduhnya langsung melalui Microsoft.File instalasi yang diunduh tersebut dapat diinstal secara langsung atau disimpan ke dalam bentuk DVD. Anda juga dapat menyimpannya ke dalam flashdisk jika tidak ingin repot melakukan burning ke dalam DVD.

4. Restart

cara instal Windows 8 restart

Setelah semuanya siap, kini masukan DVD atau flashdisk tersebut dan restart komputer Anda. Setelah itu, Anda akan masuk dalam sistem booting dan akan tampak perintah Press any key to boot from CD or DVD… jika Anda menggunakan CD/DVD atau Press any key to boot from external device… jika Anda menggunakan flashdisk.

Silahkan tekan sembarang tombol pada keyboard. Setelah itu akan muncul jendela hitam dan gambar simbol Windows 8, tunggu sampai proses loading ini selesai.

5. Setting bahasa, waktu, dan keyboard

Setelah proses loading selesai akan muncul jendela yang memunculkan setingan awal untuk menginstall windows yaitu pengaturan bahasa, input keyboard dan juga waktu. Masukkan sesuai dengan keinginan Anda. Untuk menuju tahapan yang selanjutnya klik tombol ‘Next’.

6. Masukan product key

cara instal Windows 8.1

Pada layar selanjutnya klik tombol ‘Install Now’. Anda akan diminta untuk memasukkan kode yang merupakan product key atau serial number. Product key ini wajib Anda isi. Product key atau nomor seri ini Anda dapatkan satu paket dengan DVD yang Anda beli atau melalui email jika Anda mengunduhnya.Setelah memasukkan nomor seri atau product key klik ‘Next’. setelah itu akan muncul license terms, centang pada kotak “I accept the license” kemudian klik ‘Next’. Setelah itu akan muncul jendela yang mengharuskan kita untuk memilih tipe instalasi. Ada dua pilihan yaitu custom atau upgrade. Karena kita akan melakukan clean install, maka pilih “custom: install windows only (advance)”.

7. Membuat partisi harddisk

cara instal Windows 8 partisi

Pada langkah selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat partisi harddisk. Jika sudah tersedia Anda tinggal klik dan pilih saja partisi tempat Anda ingin menginstal Windows 8. Tapi jika HDD belum terpartisi  maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu.

Caranya klik tombol ‘drive options’ yang ada pada bagian bawah, kemudian klik ‘New’ untuk membuat partisi baru. Tentukan ukuran partisi yang akan dibuat dan kemudian klik tombol ‘apply’ pada bagian bawah. Jika muncul peringatan, klik saja tombol ‘Ok’.Setelah itu pilihlah partisi yang baru Anda buat tersebut dan kemudian klik tombol ‘Next’ untuk memulai proses instalasi. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama. Setelah proses instalasi selesai, komputer akan secara otomatis melakukan restart beberapa kali dan mengkonfigurasi Windows 8 yang sudah terinstall.

8. Personalisasi dan pengaturan lainnya

cara instal Windows 8 personalisasi

Setelah proses instalasi selesai, akan muncul layar pengaturan personalisasi. Dalam setting ini Anda diminta untuk mengisi nama komputer dan juga setting warna background untuk komputer Anda. Hampir semua warna dapat Anda pilih untuk warna background. Kemudian klik tombol ‘Next’.

Anda akan diminta untuk memilih setting dalam komputer. Pilih ‘Use Express Setting’ untuk melakukan pengaturan secara otomatis. Tetapi jika Anda ingin memodifikasi setting Windows 8 secara lebih rinci, silahkan pilih opsi ‘customize’.

9. Sign in ke akun Microsoft

Langkah selanjutnya adalah melakukan sign in. Anda bisa sign ini dengan akun Microsoft jika Anda mempunyainya, jika tidak Anda bisa pilih local account. Isikan nama dan juga password Anda kemudian klik ‘Finish’

10. Finish

cara instal Windows 8 start

Jendela yang muncul kemudian adalah tutorial singkat mengenai penggunaan Windows 8, bagaimana cara menggunakan menu bar yang ada dan beberapa cara standar dalam penggunaan. Jika cara instal Windows 8 ini berhasil maka start screen windows 8 akan muncul dan Anda sudah siap untuk menggunakan Windows 8 dalam komputer Anda.Bagaimana mudah bukan cara instal windows 8? Yang terpenting spesifikasi komputer Anda memenuhi persyaratan dan juga Anda mempunyai DVD atau file instalasi Windows 8 yang asli, maka semua proses instalasi akan berjalan lancar.

Jika dilihat dari interface yang ada dalam windows 8 ini sebenarnya sangat cocok untuk komputer touchscreen tapi juga bagus jika diinstal untuk komputer yang biasa. Menggunakan Windows 8 akan memberikan kemudahan dalam bekerja dengan komputer.

Anda bisa melakukan beberapa hal sekaligus dengan menggunakan Windows 8. Aplikasi lebih banyak dan tentu saja menarik dan memudahkan penggunanya. Selamat mencoba cara instal Windows 8 dan Windows 8.1 di atas.

Cara Instal Windows 8 dengan CD dan FlashdiskWindows 8 Cara Instal Windows 8 dengan CD dan FlashdiskWindows 8 Reviewed by Anggiat_uye on Agustus 28, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Posts No. (ex: 9)